RSS

Belajar dari Bunda Maria

10 Oct

Rasanya begitu mendesak dan penting untuk memiliki cinta mendalam akan Bunda Maria, di tengah kelesuan spiritualitas kehidupan kita. Bunda Teresa mencoba membagikan hasil permenungannya tentang peran yang dijalankan oleh Bunda Maria.

1. MENJADI BUNDA YANG MENGAJARKAN IMAN..
Bunda Marialah yg mengajarkan kepada Yesus bagaimana berjalan, berdoa, bekerja dan mengerjakan segala segala hal indah dalam kehidupan iman manusia. Maka, tentu kini dia juga rela mengajari kita semua hal, sebagaimana dia dulu mengerjakannya untuk Yesus. Terlebih dia akan mengajari kita bagaimana hidup seperti Yesus, mencintai dan melayani-NYA dalam diri mereka yg menderita. Begitulah Bunda Maria dibutuhkan, sebgai Bunda yang mengajari, menuntun, membimbing serta mengarahkan kita anak-anaknya, terlebih bagaimana kita mengasihi dan hidup dalam kasih

2. MARIA SEORANG MISIONARIS SEJATI.
Bagi Ibu Teresa, Maria sungguh misionaris sejati, karena tanpa takut dan ragu menempatan diri sebagai hamba Allah, menjadikan dirinya sebagai pembawa cinta kasih Allah. Dan sebagai hamba-NYA, dia bergegas membagikan kasih Allah kepada Elisabet , melayani Elisabet. Sebagai hamba dia memiliki kerendahan hati sempurna, rendah hati dan begitu lemah lembut. Dia rela mengosongkan diri secara utuh sehingga hidupnya diisi penuh oleh rahmat Allah. Dia sepenuhnya hidup bagi Allah, dan Allah menjadi segala bagi dia. Dia sungguh seorang puteri sejati, tanda noda, karena hidupnya senantiasa dipenuhi dengan kesucian. Marilah bercermin pada hidup maria.

3. MARIA MEMPUNYAI HATI YANG PEDULI DAN PENUH PERHATIAN. Peristiwa Maria mencari Yesus di bait Allah dan membawa-Nya pulang ke rumah, dan peristiwa saat maria menghadiri pesta di perkawinan di kana, mau menunjukan hati Bunda Maria yg dipenuhi dengan kepedulian dan perhatian. Hatinya senantiasa memikirkan kebutuhan sesamanya. Hidupnya dipenuhi dengan kebaikan hati, senantiasa sadar akan kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Inilah tanda kebesaran hati perempuan: menyadari penderitaan sesamanya dan membantu meringankan beban penderitaan itu. Yang ada dalam hatinya hanyalah keinginan tuk berbagi kasih yg dia dapat dari Allah. Dan semuanya dilakukan dengan penuh kegembiraan (peristiwa kunjungan maria ke rumah Elisabet-dia bergegas membagikan kasih kepada Elisabet).

4. MARIA TIDAK MALU MENGAKUI YESUS SEBAGAI PUTERANYA.
Sikap dan kebesaran hati ini nyata, terlebih saat Yesus memanggul salib dan sudah terpaku di kayu salib. Saat Yesus ditinggal pergi dan dihina, Bunda Maria justru datang mendekat. Dia tidak takut menerima Yesus, anakNya sebagai miliknya. Dia selalu berada di sisi penderita saat yang lain pergi meninggalkan-Nya. Walaupun anak-Nya, Yesus menderita, disiksa dihina, dan dibenci, tapi cintanya tetap lestari. Cintanya begitu agung. Imannya tidak pernah goyah. Mampukah kita juga selalu mengakui Yesus sebagai Sang Juru Selamat kita, ketika saat-saat sulit datang menggoncang iman kita? Adakah iman kita seindah iman Bunda Maria?

5. MARIA BUNDA YANG RENDAH HATI
Menjadi hamba Tuhan artinya bersedia digunakan semua orang dengan sukacita. Dan sukacita adalah kekuatan Bunda Maria. Sukacita telah memberinya kekuatan tuk berjalan tanpa letih di bukit-bukit Yudea, dan menunggui Yesus di bawah kaki Yesus. Kita pun harus berjalan tanpa henti dan melampaui batas kesusahan, kalau mau memiliki sukacita seperti yang dimiliki Bunda Maria…….. maka marilah memohon kepada Bunda Maria, agar kita dapat memiliki hati yang lembut dan rendah hati seperti hatinya, juga seperti hati Yesus Puteranya. Amat mudah kita mjd egois, sombong dan puas diri. Namun belajar dari Bunda Maria kita dipanggil untuk sesuatu yang luhur, yang menjadikan diri kita sebagai hamba di hadapan Allah.

Salam
YusTL,pr

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on 2009/10/10 in Nice Story

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: